Rahasia kelezatan ayam goreng McD ternyata ada di sini.
Ilustrasi. Ayam goreng ala McD atau McDonald's Indonesia (FOTO: SHUTTERSTOCK/PATCHARAPORN PUTTIPON 636)

Siapa yang tak kenal dengan ayam goreng McD? Menu favorit yang sudah melegenda di hati masyarakat Indonesia. McDonald's Indonesia (McD) mengungkapkan rahasia di balik kelezatan ayam goreng mereka dalam acara "Rahasia Krispy dan Juicy Ayam McD" di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Direktur Marketing McD Indonesia, Caroline Kurniadjaja, dengan penuh kebanggaan menjelaskan bahwa ayam goreng McD memiliki cita rasa yang konsisten di setiap outlet di Indonesia. "Di mana pun rasanya sama, krispy dan juicy," ungkap Caroline dengan semangat, dilansir dari Antara.

Ternyata, keunggulan ayam goreng McD yang begitu nikmat tidak terjadi begitu saja. Caroline menjelaskan bahwa bahan baku ayam yang digunakan selalu segar, berkualitas, dan dipotong pada hari yang sama. Dalam pengolahan ayam goreng ini, McD memiliki tim khusus yang disebut sebagai "spesialis ayam" yang memastikan semua proses berjalan dengan baik dan sesuai standar.

QA Manager McD Indonesia, Imam Gazali, turut memberikan penjelasan mengenai prosedur khusus dalam pengadaan bahan baku ayam. Mulai dari peternakan, pemotongan, hingga pengiriman ke outlet-outlet McD di Indonesia, semuanya memiliki proses yang terkontrol dengan baik. Ayam yang dikirim ke outlet McD harus berada dalam suhu rendah dan dalam kondisi yang baik, tanpa kebiruan.

Imam menekankan pentingnya pemilihan ayam yang tepat. Ayam yang disuplai ke McD tidak mengandung suntikan hormon dan dibesarkan secara alami. Hal ini penting agar ayam yang disajikan benar-benar lezat dan aman untuk dikonsumsi.

Selain pemilihan ayam yang berkualitas, bahan pelengkap dan cara pembuatan ayam goreng yang sesuai standar McD juga sangat penting sebelum disajikan kepada konsumen. Pastikan semua bahan yang digunakan segar dan tidak kadaluarsa. Selanjutnya, saat membuat adonan ayam goreng, McD menggunakan air dingin dengan suhu 1 sampai 4 derajat Celsius agar adonan dapat tercampur dengan baik.

Ada trik khusus saat memasukkan ayam ke dalam adonan tepung. Ayam harus ditekan atau dipijat beberapa kali, sambil tepuk-tepuk lembut punggung tangan agar tepung bisa merata dengan sempurna. Setelah itu, ayam digoreng pada suhu tertentu selama 12 menit.

Tidak hanya bahan baku dan proses penggorengan yang diperhatikan, McD juga menjaga kualitas minyak goreng yang digunakan. Minyak goreng diganti secara berkala untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya, sehingga tetap aman untuk dikonsumsi. Setelah ayam digoreng, ayam akan ditiriskan dan disimpan dalam kabinet penghangat khusus selama maksimal 80 menit. Setelah melewati 80 menit, ayam tidak akan disajikan kepada konsumen, tapi mengganti dengan ayam goreng yang baru digoreng. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!