Karedok merupakan makanan khas masyarakat Sunda, khususnya Sumedang. Seperti apa resep dan sejarahnya? Simak ulasan berikut ini!
Karedok berisikan campuran sayur-sayuran hijau sederhana. (foto: fimela)

Karedok merupakan makanan khas Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Nama makanan ini kemudian menjadi asal-usul Desa Karedok.

Tidak diketahui secara pasti, tahun berapa Karedok ditemukan. Namun, saat itu Karedok mulai melambung namanya sejak masa Kerajaan Sumedang Larang.

Komposisi penyusun dari Karedok ini sangat segar. Sehingga sangat cocok bagi orang yang diet ataupun menyantap hidangan hijau.

Secara umum, Karedok memilki tiga jenis sajian. Yakni Karedok Terong, Karedok Leunca, dan Karedok Kacang Panjang.

Melansir Detik dari kemdikbud.go.id, asal usul Karedok bermula saat Pangeran Aria Suria Atmaja sedang beristirahat dari kegiatan memancing ikan. Pangeran Aria yang sedang melepas peluh di desa Rancakeong, kemudian didatangi warga sekitar, dan diberi suguhan berupa Karedok Terong.

Awalnya, para warga desa Rancakeong merupakan pengungsi dari sebuah desa di seberang sungai Cimanuk. Yang mana desa tersebut masih dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Sumedang Larang. Para penduduk mengungsi ke daerah yang layak huni, sebab tanah mereka tertimbun material longsor.

Desa Rancakeong atau desa Babakan Dodol merupakan pilihan masyarakat yang mengungsi saat itu. Mulanya, di desa itu hanya terdapat dua keluarga. Seiring berjalannya waktu berkembang menjadi 710 orang. Sebab tanah di wilayah itu terbilang sangat subur, sehingga banyak pula para pendatang yang ingin tinggal di Desa Rancakeong.

Lanjut cerita, sang pangeran yang kepincut dengan cita rasa Karedok, ketika pulang ia menyampaikan berita gembira ini ke para sesepuh di Sumedang. Dengan rasa penasaran yang luar biasanya ini, membuat para sesepuh ingin segera mencicipinya juga.

Di kemudian hari, Pangeran Aria mengajak para sesepuh Sumedang untuk pergi ngalintar (memancing) di Leuwi Kiara. Usai lelah ngalintar, sang pangeran mengajak para sesepuh untuk singgah sebentar di Desa Rancakeong.

Warga sekitar menyambut mereka ramah, kemudian menyajikan Karedok. Merasa nikmat selama menyantap Karedok, cukup membuat hati para sesepuh menjadi gembira. Sejak saat itulah Desa Rancakeong berubah menjadi Desa Karedok hingga sekarang.

Desa Karedok masuk dalam wilayah Kecamatan Jatigede. Letaknya pastinya berada di bagian utara wilayah Kecamatan Jatigede. Desa Karedok berstatus sebagai pedesaan dengan klasifikasi Desa Swadaya Mula.

Melansir dari sumber yang sama, sebelum tahun 2000-an, Desa Karedok merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Tomo. Akan tetapi, sejak turunnya Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor 61 Tahun 2001, tanggal 24 Februari 2001, tentang Penetapan Desa/Kelurahan dalam wilayah kecamatan di Kabupaten Sumedang, dari yang semula berada dalam wilayah Kecamatan Tomo, Desa Karedok menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Jatigede.

Desa Karedok memiliki bentuk bentang permukaan tanah berupa hamparan atau dataran. Pemerintahan Desa Karedok dipimpin oleh seorang kuwu atau kepala desa dengan enam rukun warga (RW) dan dua puluh empat rukun tetangga (RT), serta terbagi menjadi dua dusun, yakni Dusun Karedok 1 dan Dusun Karedok 2.

Resep Karedok

Kalau sedang berdiet atau mengurangi asupan protein dan lemak, kamu bisa meracik karedok Sunda ini. Berikut ini resep yang berupa daftar sayuran dan bahan-bahan bumbunya yang mudah diracik.

Jika sedang melangsungkan diet untuk mengurangi lemak berlebih. Karedok bisa menjadi salah satu pilihan makanan terbaik. Proses pematangannya pun tak memakan waktu lama, hanya berkisar 30 menitan. Intip resep Karedok berikut ini!

 

Bahan 

-       40 gram kacang panjang, iris bulat halus

-       50 gram ubi, iris tipis, potong korek api

-       40 gram kol iris halus

-       40 gram mentimun, potong kotak tipis

-       40 gram terong hijau, belah empat iris halus

-       15 gram kemangi

-       40 gram taoge buang ekornya

-       10 gram cabai merah 

-       5 buah cabai rawit

-       15 gram kencur

-       100 gram kacang tanah goreng

-       40 gram gula merah 

-       2 sdt garam 

-       2 sdt cuka

-       50 cc air 

-       1 sdm bawang goreng 

-       Kerupuk merah secukupnya

Pertama, haluskan cabai, garam, kencur, gula, lalu tambahkan dengan kacang tanah hingga tercampur rata. 

Kedua, asukkan kacang panjang iris, kemudian uleg sebentar, dan tak lupa tambahkan air serta cuka secukupnya.

Ketiga, campur dengan bumbu kacang dengan sayuran lain, lalu aduk hingga merata. 

Terakhir, sajikan Karedok sayur mentah dengan taburan bawang goreng dan kerupuk merah. Selamat menikmati!



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!