Ada beragam makanan khas Jawa Timur. Ini 7 di antaranya yang terpopuler.

Jawa Timur dikenal memiliki banyak makanan khas. Soal rasa, biasanya identik gurih dan pedas. Hampir tiap daerah di Jatim punya produk unggulannya.

Masing-masing daerah memiliki makanan yang menjadi ciri khas. Meski kadang produknya sejenis, tapi bisa berbeda isian atau cita rasanya. Berikut ini 7  makanan tradisional khas Jawa Timur populer yang dirangkum Ngepop.id.

1. Rawon

Siapa tak kenal makanan ini. Rawon memiliki ciri khas kuah hitam dengan isian potongan daging sapi. Warna hitam rawon berasal dari kluwek, bumbu khasnya. Rawon biasanya diberi topping kecambah. Mau pedas,  tinggal menambahkan sambal khas rawon. 

Rawon biasa disajikan bersama nasi putih, kerupuk, serta telur asin. Makanan tradisional Jawa Timur ini populer banyak ditemui di Surabaya, Malang, dan Pasuruan.

2. Pecel

Makanan tradisional khas Jawa Timur cukup populer. Di beberapa daerah di Jawa Timur, Pecel relatif mudah didapat. Makanan ini  terbuat dari berbagai sayuran yang direbus dan diberi bumbu sambal kacang. Ragam sayurannya mulai daun singkong, kacang panjang, tauge, serta mentimun. Salah satu ciri khas makanan ini adalah rempeyek kacang.

Pecel dikenal di beberapa daerah di antaranya Madiun, Blitar, Kediri, Malang, Nganjuk, Tulungagung, dan lainnya.

Nasi Pecel, makanan khas tradisional Jawa Timur. (Foto: sambalsemarang)

3. Bebek Madura

Bebek Madura, yang populer adalah Bebek Sinjay. Kalau Anda berkunjung ke Bangkalan, di sana tempat asalnya. Kelebihan dari Bebek ini adalah dagingnya empuk dan tidak amis. Bebek Madura biasanya disajikan dengan nasi putih serta cocolan sambal mangga. 

4. Rujak Cingur

Belum ke Surabaya kalau belum menikmati Rujak Cingur. Ya, makanan ini memang berasal dari daerah berjuluk Kota Pahlawan. 

Rujak dengan bumbu kacang campur petis yang khas, diselipkan cingur atau bagian mulut sapi yang direbus. Isian rujak biasanya irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran. 

5. Soto Lamongan

Terlihat seperti soto pada umumnya. Namun yang membedakan adalah campuran koya sebagai topping. Koya merupakan bubuk dengan rasa gurih yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang.

6. Ayam Lodho

Mampir ke Tulungagung, jangan lupa datangi warung makan dengan menu Ayam Lodho. Makanan tradisional khas Jawa Timur ini cukup populer. Ayam Lodho terjadi dalam dua macam, kuah encer dan kuah kental. Kamu suka yang mana?

Bakso Malang, makanan khas Jawa Timur (Foto: Viral)

7. Bakso Malang

Makanan satu ini jangan ditanya. Hampir setiap daerah relatif mudah menemui warung atau gerobak bakso. Nah, mengenai bakso Malang, memiliki cita rasa yang nikmat serta keunikan di dalamnya. 

Bakso Malang terdiri atas bermacam isian, mulai bakso daging (kasar dan halus), siomay, bakso goreng, tahu, mie kuning dan mie putih (soun), juga lontong. Semuanya bisa dicampur dalam satu mangkok dengan kuah kaldu yang sedap.  

Itulah 7 makanan tradisional khas Jawa Timur terpopuler versi ngepop.id. Tentu masih banyak lagi ragam makanan khas wilayah di ujung timur Pulau Jawa ini. Mana yang favoritmu? (*)

Foto Rawon, makanan khas Jawa Timur. (Sumber: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!