Film dokumenter terbaru Netflix berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso, membawa kita mengingat kembali kasus yang menghebohkan di Indonesia.
Poster film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso (Foto: Netflix.com)

Film dokumenter terbaru Netflix, "Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso," telah membuat gempar sejak tayang perdana pada Kamis, 28 September 2023. Dokumenter ini membawa kita pada perjalanan mendalam ke salah satu kasus hukum yang paling memikat perhatian di Indonesia, yaitu pembunuhan Mirna Salihin oleh terdakwa Jessica Wongso. Kasus ini telah memunculkan banyak pertanyaan sejak peristiwa tragis pada Januari 2016.

Kisah Pembunuhan yang Menghebohkan

Kasus ini bermula ketika Mirna Salihin, Jessica Wongso, dan Hani, tiga teman kuliah dari Billy Blue College, Australia Tengah, bertemu untuk reuni di Kafe Oliver, Grand Indonesia. Jessica tiba lebih awal dan memesan minuman untuk mereka bertiga. Namun, apa yang terjadi kemudian sangat mengejutkan.

Setelah Mirna meminum es kopi Vietnam yang dipesankan oleh Jessica, dia tiba-tiba mengalami kejang dan kehilangan kesadaran. Mirna dibawa ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, namun sayangnya, nyawa Mirna tidak dapat diselamatkan. Otopsi kemudian mengungkapkan adanya sianida dalam lambung Mirna, yang disebut berasal dari es kopi Vietnam yang ia minum.

Kasus yang Penuh Kejanggalan

Kasus ini menjadi perbincangan luas karena kejanggalan yang ditemukan dalam penyelidikan. Keluarga Mirna melaporkan kasus ini ke Polsek Metro Tanah Abang, dan otopsi yang dilakukan menemukan zat sianida dalam tubuh Mirna. Hal ini memicu penyelidikan lebih lanjut, dan Jessica Wongso akhirnya ditetapkan sebagai tersangka utama pada 29 Januari 2016, dengan tuduhan pembunuhan berencana.

Pihak Jessica mencoba mengajukan praperadilan, tetapi upaya ini ditolak oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Maret 2016. Selama persidangan, pihak berwenang menghadirkan bukti yang kuat tentang keberadaan sianida dalam minuman Mirna dan dampaknya pada tubuhnya.

Persidangan yang Membingungkan

Dalam persidangan yang berlangsung selama 32 kali, berbagai saksi dan ahli diperkenalkan. Di tengah persidangan, pengacara Jessica Wongso, Otto Hasibuan, menghadirkan saksi ahli patologi yang menyatakan keraguan tentang peran sianida dalam kematian Mirna. Mereka mengkritik dosis sianida yang ditemukan dalam tubuh Mirna sebagai terlalu kecil untuk menyebabkan kematian.

Namun, ahli forensik dan dokter spesialis forensik yang memberikan keterangan dalam persidangan tetap yakin bahwa sianida adalah penyebab kematian Mirna. Mereka merujuk pada gejala yang dialami Mirna, seperti mulut terasa panas, tangan kebas, dan kejang sebelum meninggal.

Vonis 20 Tahun Penjara

Setelah berbagai proses hukum yang panjang dan melelahkan, Jessica Wongso akhirnya dihukum 20 tahun penjara pada 27 Oktober 2016 atas pembunuhan berencana terhadap Mirna dengan motif sakit hati. Meskipun upaya hukum dilakukan untuk menggugat vonis ini, Mahkamah Agung memperkuat vonis tersebut pada 21 Juni 2017.

Setelah beberapa upaya hukum yang gagal, Jessica Wongso menjalani hukuman penjara 20 tahun di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Film dokumenter Netflix, "Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso," memberikan sudut pandang yang mendalam dan eksklusif tentang kasus ini, menampilkan wawancara langsung dengan Jessica Wongso dan berbagai narasumber lain yang terlibat dalam kasus ini. Dengan berbagai perdebatan dan teori yang muncul sepanjang kasus ini, pertanyaan tetap terbuka tentang apa yang sebenarnya terjadi pada hari itu di Kafe Oliver. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!