Soleh Solihun lebih sering dikenal sebagai komika dan jurnalis. Namun, bagaimana ia mampu menggarap sebuah film? Berikut ulasan film Star Syndrome.
Poster perdana film 'Star Syndrome'. (Foto: starsyndrome.film/instagram)

Komika Soleh Solihun kembali beraksi dalam industri film. Film dengan tajuk ‘Star Syndrome’ akan menjadi film ketiga pria berkacamata itu sebagai sutradara. Film bergenre komedi ini dijadwalkan tayang pada 8 Juni 2023 mendatang.

Trailer Star Syndrome telah tayang sejak 10 Mei 2023 lalu, di kanal You Tube MAHAKARYACHANNEL. Dan telah diputar sebanyak 150 ribu kali dalam dua minggu terakhir.

Selaku sutradara, Soleh Solihun menggaet rumah produksi film Mahakarya Pictures dan diproduseri oleh Dendi Reynando untuk menggubah film tersebut.

Dendi mengingatkan bahwa tidak ada era yang selalu sama, dinamis dan selalu berkembang mengikuti waktu.

"Film itu mengingatkan kita bahwa zaman selalu berubah, dan harus beradaptasi. Cari cara baru agar waktu bisa lebih cepat dari yang dibayangkan. Semoga menginspirasi dan menghibur," ujar Dendi

Mengutip dari Kaltimpost, diketahui film ini memakan waktu produksi 18 bulan lamanya, mulai dari awal persiapan hingga perampungan editing. Dalam film Star Syndrome pula Soleh menjelma sutradara seutuhnya. Meski bukan film pertamanya yang digarap, namun dalam dua film sebelumnya, Mau Jadi Apa? (2017) dan Reuni Z (2018) berkolaborasi dengan Monty Tiwa. Soleh juga berperan sebagai aktor utama dalam dua film tersebut.

Sederet aktor yang berperan dalam film ini pun cukup menarik minat penggemar film tanah air. Di antaranya terdapat Gilang Dirga, Tora Sudiro, Tissa Biani, Kezia Aletheia, Tanta Ginting, Maisha Kanna, Ariyo Wahab, Randhika Djamil, dan Sita Nursanti.

Star Syndrome merupakan film yang bercerita tentang Jay (Gilang), seorang vokalis papan atas pada masanya. Perjalanan karinya tak cukup mulus, sehingga ia harus bangkit kembali, dari keterpurukan untuk mencapai lagi level tertinggi.

Tantangan yang dihadapi Joy sama sekali berbeda dengan tahun keemasannya. Industri musik berkembang sangat pesat, ia pun menguatkan tekadnya untuk merebut kembali panggungnya.

Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan seorang wanita bernama Nur (Kezia). Bukan pertemuan biasa, kejadian ini semakin membuatnya dapat teguh mendekap mimpinya sebagai musisi. Jay bersiasat untuk dapat mengajak Nur berduet dengannya sebagai musisi.

Bermodalkan bakat dan ketenarannya di masa lalu, Jay berkerjqa keras meraih impiannya tersebut.

Masih dari Kaltimpost, semua adegan musik film ini diambil secara langsung (live). Bahkan Gilang, sebagai aktor utama harus mengambil kursus gitar, supaya dapat tampil totalitas.

Suami dari Adiezty Fersa itu juga dituntut menaikkan dan menurunkan badan dalam waktu singkat. Hanya untuk sebuah adegan film, ia menaikkan badannya dalam waktu sebulan. Setelah itu juga harus kembali menurunkan berat badannya sebanyak 20 kg.

Kegiatan syuting film sempat berhent satu bulani, hanya demi menunggu proses diet dan bulking Gilang berhasil.

Sebagai bintang utama, Gilang berpesan kepada para pegiat musik. Setelah merasakan atmosfer film Star Syndrome, membuatnya selalau mengingat siapa dirinya.

"Itu film untuk mengingatkan gue dan kita semua. Kalau sudah di atas jangan lupa sama siapa yang dulu bareng kita pas berjuang," ujar Gilang. 

Hal menarik lainnya dalam film Star Syndrome adalah kolaborasinya yang disebut dengan ‘lintas generasi’. Terdapat para personel band The Other, peraih Anugerah Musisi Indonesia (2005), yang tampil bersama dengan tokoh Jay. Pemain The Others yang terlibat di antaranya seperti Randy Dhanista sebagai Jet, Denny Chasmala sebagai Pam, Thomas Ramadhan sebagai Thom, dan Gusti Hendy sebagai Iam.

Selain itu, terdapat juga tokoh penting yang memegang label musik populer di Indonesia. Tampak di antaranya seperti Hifdzi Khoir sebagai Manto, Tike Priatnakusumah sebagai Rusmana, Joe P. Project sebagai Luki, dan Indy Barends sebagai Sherly. (*)

Official Trailer Star Syndrome



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!