Film Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 tidak didapati lagi sosok Iqbal dalam diri Dilan. Berbeda namun tetap luar biasa.
Ancika dalam cover novelnya (Foto: Istimewa)

Film adaptasi sekuel Dilan 1990, Ancika 1995 tengah menjalani hari-hari awal proses syuting. Sudah tiga tahun berlalu sejak perilisan trilogi Dilan yang terakhir, yakni Milea: Suara dari Dilan.

Diketahui, seluruh sekuel film Dilan merupakan trilogi dari novel Dilan. Mulai dari Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990, Dilan: Dia adalah dilanku tahun 1991, Milea: Suara dari Dilan, dan Ancika: Dia yang Bersamaku Tahu 1995 merupakan karya dari Pidi Baiq.

Sosok Dilan yang begitu melekat pada aktor Iqbal Ramadhan tak lagi kita saksikan di film Ancika 1995. Sebagai gantinya, setelah menimbang dengan matang, sang sutradara Benni Setiawan dan tim produksi resmi menunjuk Arbani Yasiz sebagai pemeran Dilan dalam film Ancika 1995.

Melansir dari suara.com, Iqbal Ramadhan sudah tak ingin memerankan sosok Dilan. Faktor lainnya seperti rumah produksi serta sutradara yang berbeda, dan kontrak cast lama yang telah berakhir. Kemudian hal inilah yang memunculkan nama-nama baru di film garapan Enam Sembilan Production dan The Panasdalam Pictures.

Pada sekuel sebelumnya, tokoh Dilan dan Ancika masing-masing diperankan oleh Iqbal Ramadhan dan Steffi Zamora. Kendati begitu, sang sutradara, Benni Setiawan mengaku merasa bersemangat dan tertantang.

“Ada perubahan tokoh Dilan karena karakternya sudah berubah. Namun tetap selengean.” kata Beni.

Lalu, untuk pemeran Ancika merupakan salah satu member JKT48, Azizi Shafa Asadel. Meski menjadi pendatang baru, Zee, begitu sapaan akrabnya, merasa sangat senang. Ia juga sampai memotong rambutnya menjadi bergaya bondol. Para penggemar film adaptasi dari novel Dilan tampak senang dengan tokoh Ancika ini.

Banyak komentar positif yang mendukung Zee memerankan Ancika di film ini. Melihat dari unggahan akun instagram official dari film Ancika 1995.

“Ini cocok banget ktika gue slesai baca novel anchika.” ujar pemilik akun @rakaaryathama.

“Semangat zee! u can do it @jkt48.zee.” ucap pelimilik akun @agnestadyh.

“zeemangat ancika!.” tulis akun @_iamverydumb.

Meski menimbulkan pro kontra perihal pergantian pemain sekuel film Dilan. Arbani (Dilan) mengaku tidak begitu memusingkan soal ini. Baginya, dalam berkarya harus memberikan yang terbaik. Tentunya ia juga telah melewati fase seleksi yang ketat.

“Ga mengganggu sih, di sini niatnya kita mau berkarya. Saya juga diutus sama Ayah (Pidi Baiq). Saya melakukan script test juga. Suka Dilan yang mana, versi Iqbal atau versi Ancika 1995 itu terserah mereka sih. yang penting di sini niatnya baik.” kata Arbani.

Film Ancika 1995 ini menceritakan perjalanan cinta Dilan setelah putus dengan Milea. Dilan yang sudah beranjak dewasa dan tentunya mengalamai perubahan karakter membutuhkan energi dan aura baru untuk memerankannya. Hal ini disampaikan langsung oleh sang prodeser film, Budi Ismanto dalam konferensi pers di live streaming akun instagram @ancikamovie.official, Minggu (2/4/2023).

“Tidak memakai (peran) Iqbal lagi. Yang bersangkutan tidak ingin lagi memerankan. Kenapa kemudian kita memilih Arbani, bukan hanya menurut saya saja, tapi tim merasa ini pilihan yang tepat. Dari berbagai aktor yang sudah diseleksi, saya yakin Arbani bisa memerankan dengan baik” ucap Budi.

Selai  Arbani dan Zee. aktor lain yang turut menyumbangkanperannya diantara lain seperti Daffa Wardhana, Dito Darmawan, Jefan Nathanio, Putri Ziani, Gracia JKT48, dan Kenzy Taulany. Sementara itu, bunda dari Dilan masih diperankan oleh Ira Wibowo. (*)



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!