Profil Marselino Ferdinan, pemain muda Timnas Indonesia yang berprestasi dan dicintai.
Profil Marselino Ferdinan (Foto: Twitter@ PSSI via Voi.id)

Dunia maya Indonesia baru-baru ini dihebohkan oleh rumor hubungan asmara antara pesepak bola muda berbakat, Marselino Ferdinan, dengan aktris cantik Maria Theodore. Kehadiran foto-foto kemesraan mereka di Instagram dan kehadiran Maria saat mendukung Timnas Indonesia U-23 dalam kualifikasi Piala Asia 2023 di Solo, Jawa Tengah, menjadi bukti yang mencuatkan spekulasi ini ke permukaan.

Melansir Tempo.co, Marselino Ferdinan sendiri telah menjadi nama yang semakin dikenal di dunia sepak bola Indonesia. Di bawah arahan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Marselino dipanggil untuk bergabung dengan timnas U-23 dalam laga uji coba melawan Tajikistan dan Nepal, serta mengikuti Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan. Perjalanan karier Marselino ini juga mencatat debutnya sebagai pemain timnas U-23 pada 26 Oktober 2021, saat menghadapi Australia dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang berkesan meskipun akhirnya kalah 2-3.

Profil Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan, yang akrab disapa Marselino, lahir pada tanggal 9 September 2004 di Jakarta. Dengan usia yang masih 19 tahun, Marselino telah mencuri perhatian sebagai pemain sepak bola profesional Indonesia yang menjanjikan.

Saat ini, ia membela tim Divisi B Belgia, KMSK Deinze, dan mengenakan nomor punggung 27. Peran utamanya di lapangan adalah sebagai gelandang serang dengan kaki dominan kanan. Tinggi badannya mencapai 176 cm, yang merupakan ukuran yang ideal untuk posisinya.

Satu fakta menarik tentang Marselino adalah ia adalah adik dari pesepak bola Indonesia yang juga terkenal, yaitu Oktafianus Fernando. Oktafianus pernah meraih gelar juara Liga 2 bersama Persebaya pada musim 2017 dan bersama-sama dengan Marselino membela Persebaya pada musim 2021-2022. Namun, pada musim berikutnya, Oktafianus memutuskan untuk pindah ke PSIS Semarang.

Marselino Ferdinan saat berlatih. (Foto: PSSI via RRI.co.id)

Perjalanan Karier Sepak Bola Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan memulai perjalanan kariernya di dunia sepak bola pada tahun 2019 ketika ia bergabung dengan Akademi Persebaya. Dalam waktu singkat, bakatnya menarik perhatian tim pelatih, dan ia diberi kesempatan untuk berlatih bersama tim senior.

Saat berusia 17 tahun, Marselino diperkenalkan ke timnas U-17 Indonesia oleh pelatih Aji Santoso. Salah satu kelebihannya yang paling mencolok adalah akurasi tendangan jarak jauhnya. Marselino membuat debutnya bersama timnas U-17 Indonesia dalam pertandingan melawan Vietnam pada Kejuaraan Remaja U-16 AFF. Di pertandingan itu, ia mencetak gol yang membantu Indonesia meraih kemenangan 2-0.

Pada Oktober 2021, Marselino menjadi bagian dari timnas Indonesia U-23 dan bermain dalam pertandingan persahabatan melawan Tajikistan dan Nepal sebagai persiapan untuk Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan.

Selanjutnya, Marselino melanjutkan karier klubnya bersama tim Persebaya senior, yang membuatnya mencatat debut resminya di Liga 1 2021-2022 melawan Persikabo 1973 dengan kemenangan 3-1. Ia juga mencetak gol pertamanya untuk Persebaya ketika bermain imbang 2-2 melawan Arema FC pada 6 November 2021.

Pada tahun 2022, Marselino sekali lagi dipanggil untuk bergabung dengan timnas Indonesia senior dalam pertandingan persahabatan melawan Timor Leste, yang dimenangkan dengan skor 4-1.

Prestasinya yang terus berkembang membuat Marselino Ferdinan menjadi incaran klub luar negeri. Pada 1 Februari 2023, ia resmi bergabung dengan klub Challenger Pro League Belgia, KMSK Deinze, setelah menandatangani kontrak selama satu setengah tahun. Debutnya bersama Deinze terjadi pada pertandingan melawan Jong Genk pada 25 Februari 2023, di mana ia tampil sebagai pemain pengganti pada menit ke-80 menggantikan Jellert van Landschoot. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!