Nama Dito Ariotedjo tengah menjadi trending topic tanah air per hari ini, Senin (3/4/2023).
Dito Ariotedjo menyampaikan sambutan saat demisioner dari ISSI DKI Jakarta (Foto: ditoariotedjo/instagram)

Tengah menjadi perbincangan hangat di tanah air, Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023) sore.

Politisi muda bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo resmi menjadi menteri, bahkan yang termuda di Kabinet Indonesia Maju. Ia menggantikan kursi Menpora yang sebelumnya diduduki oleh Zainuddin Amali, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Dito, begitu sapaan akrabnya, terbilang masih sangat muda. Pria kelahiran Jakarta 25 September 1990 ini merupakan kader muda partai berlogo pohon beringin.

Tentunya kalian masih penasaran dengan sosok yang jarang diketahui publik ini. Siapa sosok sebenarnya Dito Ariotedjo? Apakah ia hanya menjabat sebagai Menpora? Atau ia hanyalah politisi muda saja? Simiak profil Ario Bimo Nandito Ariotedjo berikut ini.

Dito Ariotedjo, Termuda dari yang Termuda

Kiprahnya di dunia perpolitikan tidak saja tiba-tiba ditunjuk oleh Pakde Jokowi sebagai menteri. Ia sudah menyicipi pelbagai posisi penting dalam lembaga politik. terutama dalam partainya sendiri.

Sebagai seorang kader Golongan Karya (Golkar), Dito Ariotedjo sudah diberi mandat untuk mengemban Ketua DPP Bidang Inovasi Sosial dan Ormas partai beringin tersebut.

Saat menginjak usia ke-26, Dito ia sudah menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2016-2021. Hal ini yang menjadikannya sebagai ketua bidang termuda di Golkar.

Kemudian ia juga diangkat menjadi staff ahli Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, yang menjabat sebagai staf khusus bidang hubungan antar lembaga. Pengalamannya di lingkup kementerian menjadi nilai tambahnya saat mengemban tugas sebagai Menpora.  Selain itu, Dito Ariotedjo juga aktif dalam beberapa kesempatan di dunia keolahragaan.

Menteri 32 tahun tersebut boleh dibilang akrab dengan dunia olahraga. Ia sempat menjadi pemimpin kontingen Indonesia dalam Olimpiade Remaja pada 2018 lalu. Pada tahun yang sama, ia juga ditunjuk oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC) atas persetujuan Menpora untuk menjadi Cdm Youth Olympic Games di Argentina. Dan kini ia juga merangkap sebagai Penasihat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) periode 2019-2023.

Setelah resmi dilantik menjadi Menpora, kini Dito Ariotedjo menggeser posisi Mendikbudristek, Nadiem Makariem, sebagai menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Sosok Menpora, Dito Ariotedjo (Foto: egan/kemenpora.go.id)

Dito Aktif di Organisasi Kampus

Melansir detiknews dari Kabar Golkar, putra pasangan Arie Prabowo dan Arti Laksmigati Ariotedjo, merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI). Selama masa kuliah, ia sudah merintis aktivitas perpolitikannya di kampus. Seperti menjadi Bendum  BEM UI, serta aktif dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hukum UI.

Selain itu, Dito Ariotedjo juga turut aktif di Gerakan Pelajar Mahasiswa Pembaharuan (GPMP) sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen). Lalu sebagai ketua HIPMI Jaya dan terakhir sebagai Ketum Ikatan Sport Sepeda Indoensia (ISSI) untuk Provinsi DKI Jakarta.

Dito Ariotedjo, Si Pebisnis Muda

Bukan Dito Ariotedjo namanya jika tak berkecimpung di dunia bisnis, yang tak lain juga memiliki darah pengusaha dari ayahnya. Untuk menyalurkan minat dan hobinya di keolahragaan, Dito menggandeng artis sekaligus pebisnis ulung, Raffi Ahmad.

Bersama Raffi dan juga CEO Prestige Motor kemudian membentuk Rans Sport. Sebuah perusahaan di bidang media yang mendistribusikan konten olahraga dan dan hiburan bagi penonton di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakrta Utara. Perusahaan ini yang kemudian membentuk Rans Nusantara FC (sepak bola) dan Rans PIK (basket). Meski terbilang cukup muda dan awam di dua cabang olahraga ini, tekadnya sangat tinggi untuk berkontribusi di dalamnya.

Chairman Rans Nusantara dan Rans PIK ini masuk dalam daftar Forbes under 30. Sebagai informasi, Forbes merupakan catatan daftar pemuda paling berpengaruh di bawah usia 30 tahun. Bahkan, Dito Ariotedjo bersanding dengan atlet bulu tangkis, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon.

Selain itu, istrinya pun, Niena Kirana Riskyana Fuad, anak dari seorang pengusaha biro perjalanan haji dan umroh, Maktour Indonesia.

Mengutip dari CNN Indonesia, bisnis yang ia dirikan secara mandiri adalah Grupara Ventures pada 2012 silam yang bergelut di ranah energy dan pertahanan. Pengalaman bidang energi ini telah ia dapat sebagai Bussines Development sejak tergabung dalam perusahaan milik Arifin Panigoro, Medco Power Indonesia. Dan sang ayah merupakan mantan Direktur Utama PT Atam Arie Prabowo Ariotedjo.

Setahun usai mendirikan Grupara Ventures, Dito Ariotedjo mendirikan kembali perusahaan bisnis yang diberi nama Freeware Spaces Group. Arah perusahaan ini adalah untuk menyediakan co working office di daerah Jakarta. Kemudian namanya berganti menjadi Wellspaces.co. Kendati demikian, bisnis mandirinya dikabarkan telah gulung tikar. (*)



Orang biasa yang sedang biasa-biasa saja

What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!