Maulana Fatahillah Adzima, siswa SMAN 3 Semarang yang luar biasa, diterima di 21 kampus ternama internasional.
Maulana Fatahillah Adzima. (Foto: ist/beritajateng)

Kenalan, Yuk! Namanya Maulana Fatahillah Adzima, siswa SMA Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah. Ia jadi populer di jagat maya karena prestasi gemilang. Maulana diterima di 21 universitas ternama di luar negeri. Keren!

Prestasi yang diraihnya patut diapresiasi, mengingat jumlah universitas yang menerima dirinya begitu banyak dan tersebar di delapan negara berbeda, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Australia, Singapura, Inggris, Bulgaria, Spanyol, dan Belanda.

Salah satu kampus terkenal yang menerima Maulana adalah University of California (UC) Berkeley. Maulana juga diterima di Wageningen University, University of New South Wales, University of Sydney, University of Toronto Scarborough, Monash University, dan Nanyang Technological University. 

Bahkan, beberapa universitas menerima Maulana dalam tiga program studi sekaligus, menunjukkan prestasi akademik dan minat luas yang dimiliki oleh Maulana.

Mendapatkan tiga LoA (Letter of Acceptance) dari Wageningen University di Belanda adalah salah satu pencapaian luar biasa yang dimiliki oleh Maulana. Jurusan-jurusan yang diterima olehnya di universitas tersebut adalah Food Technology, Environmental Sciences, dan Marine Sciences. Ini menunjukkan ketertarikan dan kecakapan Maulana dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Maulana mengungkapkan bahwa keinginannya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri bermula ketika ia mengikuti pembinaan Beasiswa Indonesia Maju. Selama setahun, Maulana menjadi penerima beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarinves). 

Selama masa pembinaan tersebut, Maulana memiliki kesempatan untuk mengajar S-1 di luar negeri dan mendaftar di beberapa universitas.

Persiapan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri telah dimulai oleh Maulana sejak Desember 2022. Berbeda dengan proses penerimaan universitas di Indonesia, pendaftaran ke universitas luar negeri memerlukan penyusunan esai. 

Maulana telah menulis esai yang menggambarkan minatnya pada bidang olimpiade. Selama SMA, Maulana telah menekuni dan mengikuti berbagai kompetisi bidang olimpiade, terutama di bidang geografi dan kebumian.

Awalnya, Maulana merasa pesimistis bahwa ia bisa kuliah di luar negeri. Rasa percaya dirinya kurang, namun hal ini justru mendorongnya untuk mendaftar ke banyak universitas. Meskipun pemerintah hanya membiayai pendaftaran ke 8 universitas, Maulana memilih universitas yang tidak memerlukan biaya pendaftaran sebagai opsi yang lebih terjangkau baginya.

Dari 21 universitas luar negeri yang telah menerimanya, Maulana memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di University of California (UC) Berkeley dengan mengambil jurusan Civil Engineering. 

Keputusan itu didasarkan pada reputasi jurusan Civil Engineering di UC Berkeley yang menduduki peringkat tertinggi secara global, yaitu peringkat tiga dunia. Maulana memiliki rencana untuk berangkat ke California, Amerika Serikat pada bulan Agustus mendatang, dan ia bertekad untuk menyelesaikan studinya dengan baik.

Maulana melihat kesempatan ini sebagai peluang langka untuk menjalin relasi, terutama di Amerika Serikat, dan ia berharap dapat menggali peluang-peluang lain selama studinya di sana. Ia menyadari bahwa kesempatan seperti ini tidak datang dua kali, sehingga fokus utamanya adalah membangun jaringan hubungan dan memanfaatkan kesempatan yang ada.

Pencapaian Maulana Fatahillah Adzima sebagai siswa SMAN 3 Semarang yang diterima di 21 universitas ternama luar negeri adalah bukti nyata bahwa ketekunan, minat yang kuat, dan kerja keras dapat membuka pintu kesuksesan akademik. 

Maulana adalah contoh inspiratif bagi para siswa yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Semoga Maulana dapat meraih prestasi yang lebih besar lagi di masa depan dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. (*)



What's your reaction?

Comments

https://ngepop.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!